PROFILE ::
POLLING ::
:: PROFILE SMK TRI DHARMA 2 BOGOR :: Untitled Document
Jurusan Paling Bagus
Menurut Anda ?
Akuntansi
Adm. Perkantoran
Pemasaran
Multimedia
RPL
PENELUSURAN ALUMNI ::

Bagi Para Alumni Silahkan
Isi Data Penelusuran Alumni
(Klik Disini)




  Phone : 0251-8379960 | E-mail : smktd2bgr@gmail.com | Website : http://smktridharma2.sch.id
MENERIMA SISWA BARU THN. PEL. 2019/2020
  BERITA DAN INFORMASI
Ganti Bahasa :
:: PENCARIAN ::
Informasi Kelulusan Kelas XII Tahun Pelajaran 2018/2019
 
PENGERTIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK

PENGERTIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK

1. Pengertian dari Perangkat Lunak adalah kumpulan beberapa perintah komputer yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya yaitu memproses informasi. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya. Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi bisa di operasikan.

2. Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah aplikasi ilmu komputer untuk membangun sistem perangkat lunak praktis yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.

3. Perbedaan perangkat lunak dengan ilmu komputer Ilmu komputer seringkali didiskripsikan sebagai suatu studi sistematis pada proses-proses algoritma yang menjelaskan dan mentransformasikan informasi seperti halnya di sini adalah teori, analisis, disain, efisiensi, penerapan dan aplikasinya. Sedangkan perangkat lunak merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. Jadi perangkat lunak itu dapat berupa program atau prosedur. Perbedaan antara RPL dengan ilmu komputer adalah Intinya, imu komputer berhubungan dengan teori dan metode yang mendasari sistem komputer dan perangkat lunak, sedangkan RPL berhubungan dengan praktek dalam memproduksi perangkat lunak.

4. Perbedaan rekayasa perangkat lunak dengan rekayasa sistem Rekayasa system mempunyai pengertian suatu sistem yang mampu memilih alat bantu yang baik dalam perencanaan maupun dalam penerapan perangkat lunak dan memiliki teknik yang baik untuk menilai kualitas dari perangkat lunak yang dihasilkan, serta mampu mengkoordinasikan, mengontrol, dan mengatur pelaksanaan pekerjaan pembuatan perangkat lunak. Sedangkan rekayasa pernagkat lunak itu adalah aplikasi dari ilmu computer yang membangun system perangkat lunak yang nantinya perangkat lunak itu akan dipilih kualitas dan tekniknya oleh rekayasa system. Rekayasa sistem berkaitan dengan semua aspek dalam pembangunan sistem berbasis komputer termasuk hardware, rekayasa PL dan proses. RPL adalah bagian dari rekayasa sistem yang meliputi pembangunan PL, infrasktruktur, kontrol, aplikasi dan database pada sistem. Perbedaan RPL dengan Rekayasa Sistem intinya Rekayasa sistem berkaitan dengan semua aspek dalam pembangunan sistem berbasis komputer termasuk hardware, rekayasa PL dan proses. RPL adalah bagian dari rekayasa sistem yang meliputi pembangunan PL, infrasktruktur, kontrol, aplikasi dan database pada sistem.

5. Proses perangkat lunak sebagai berikut Serangkaian kegiatan dan hasil-hasil relevannya yang menghasilkan perangkat lunak sebagian besar dilakukan oleh perekayasa perangkat lunak. Ada 4 kegiatan/aktivitas pada proses PL : • Spesifikikasi Perangkat Lunak : Fungsionalitas perangkat lunak dan batasan kemampuan operasinya harus didefinisikan. • Pengembangan Perangkat Lunak : Perangkat lunak yang memenuhi spesifikasi harus di produksi • Validasi Perangkat Lunak : Perangkat lunak harus divalidasi untuk menjamin bahwa perangkat lunak melakukan apa yang diinginkan oleh pelanggan. • Evolusi Perangkat Lunak : Perangkat lunak harus berkembang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

6. Model proses perangkat lunak

 Model aliran kerja (workflow) : menunjukkan kegiatan pada proses bersama dengan input, output, dan ketergantungannya. Merepresentasikan pekerjaan manusia.

 Model aliran data (data flow) : merepresentasikan proses sebagai suatu set kegiatan yang melakukan transformasi data. Menunjukkan bagaimana input ke proses, misalnya spesifikasi ditransformasi menjadi output, misalnya menjadi desain.

 Model peran/aksi : merepresentasikan peran orang yang terlibat pada PL dan kegiatan yg menjadi tanggung jawab mereka.

Model atau paradigma umum pada proses PL Model air terjun (waterfall) : Mengambil kegiatan dasar seperti spesifikasi, pengembangan, validasi, dan evolusi dan merepresentasikannya sebagai fase-fase proses yang berbeda seperti spesifikasi persyaratan, perancangan perangkat lunak, implementasi, pengujian dan seterusnya.

Pengembangan evolusioner : Pendekatan ini berhimpitan dengan kegiatan spesifikasi, pengembangan, dan validasi. Sistem awal dikembangkan dengan cepat dari spesifikasi abstrak. Sistem ini kemudian di perbaiki dengan masukan dari pelanggan untuk menghasilkan sistem yang memuaskan kebutuhan pelanggan.

Pengembangan Sistem Formal : Pendekatan ini menghasilkan suatu sistem matematis yang formal dan mentransformasikan spesifikasi ini, dengan menggunakan metode matematik menjadi sebuah program.

Pengembangan berdasarkan pemakaian ulang (Reusable) : Teknik ini menganggap bahwa bagian-bagian sistem sudah ada. Proses pengembangan sistem terfokus pada pengintegrasian bagian-bagian sistem dan bukan pengembangannya dari awal.

7. Metode rekayasa perangkat lunak Pada rekayasa perangkat lunak, banyak model yang telah dikembangkan untuk membantu proses pengembangan perangkat lunak. Model-model ini pada umumnya mengacu pada model proses pengembangan sistem yang disebut System Development Life Cycle (SDLC)

• Kebutuhan terhadap definisi masalah yang jelas. Input utama dari setiap model pengembangan perangkat lunak adalah pendefinisian masalah yang jelas. Semakin jelas akan semakin baik karena akan memudahkan dalam penyelesaian masalah.

• Tahapan-tahapan pengembangan yang teratur. Meskipun model-model pengembangan perangkat lunak memiliki pola yang berbeda-beda, biasanya model-model tersebut mengikuti pola umum analysis – design – coding – testing – maintenance

• Stakeholder berperan sangat penting dalam keseluruhan tahapan pengembangan. Stakeholder dalam rekayasa perangkat lunak dapat berupa pengguna, pemilik, pengembang, pemrogram dan orang-orang yang terlibat dalam rekayasa perangkat lunak tersebut.

• Dokumentasi merupakan bagian penting dari pengembangan perangkat lunak. Masing-masing tahapan dalam model biasanya menghasilkan sejumlah tulisan, diagram, gambar atau bentuk-bentuk lain yang harus didokumentasi dan merupakan bagian tak terpisahkan dari perangkat lunak yang dihasilkan.

• Keluaran dari proses pengembangan perangkat lunak harus bernilai ekonomis. Nilai dari sebuah perangkat lunak sebenarnya agak susah di-rupiah-kan. Namun efek dari penggunaan perangkat lunak yang telah dikembangkan haruslah memberi nilai tambah bagi organisasi. Hal ini dapat berupa penurunan biaya operasi, efisiensi penggunaan sumberdaya, peningkatan keuntungan organisasi, peningkatan “image” organisasi dan lain-lain.

8. Computer-aided software engineering Adalah suatu system untuk menunjang pengembangan software sehingga informasi yang diciptakan oleh satu alat dapat digunakan oleh alat lain.

 
Update Tanggal : 2013-04-12

Untitled Document
BERITA DAN INFORMASI :
ARTIKEL :
1

2

3

4

5

6

7

8
JUARA 3 LKS AKUNTANSI KOTA BOGOR TAHUN 2013 SMK TRI DHARMA 2 BOGOR...
[Update Tgl : 2013-11-27]
Dibaca : 5823 kali.

9

10
JUARA 3 LKS PEMASARAN KOTA BOGOR TAHUN 2013 SMK TRI DHARMA 2 BOGOR...
[Update Tgl : 2013-11-27]
Dibaca : 272 kali.

11
JUARA 2 LKS ANIMASI KOTA BOGOR TAHUN 2013 SMK TRI DHARMA 2 BOGOR...
[Update Tgl : 2013-11-12]
Dibaca : 1055 kali.

12

13

14

15

16

17
SMK TRI DHARMA 2 BOGOR JUARA LKS SMK SE-KOTA BOGOR TAHUN 2012...
[Update Tgl : 2012-09-20]
Dibaca : 1582 kali.

18

19
SMK TRI DHARMA 2 JUARA 2-3 LOMBA BIDANG KEAGAMAAN DI MAN 1 BOGOR...
[Update Tgl : 2012-07-06]
Dibaca : 2327 kali.

20

21

22

23

24
SMK TRI DHARMA 2 BOGOR JUARA KE - 1 FUTSALL PUTRA...
[Update Tgl : 2011-10-25]
Dibaca : 1882 kali.

25

26

27

28

29

30

31
SMK TRI DHARMA 2 BOGOR JUARA KE - 3 FUTSALL PUTRI...
[Update Tgl : 2011-10-19]
Dibaca : 1795 kali.

1
MAPEL KKPI DIGANTI SIMULASI DIGITAL KURIKULUM 2013...
[Update Tgl : 2013-06-14]
Dibaca : 9947 kali.

2
PENGERTIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK...
[Update Tgl : 2013-04-12]
Dibaca : 10133 kali.

3
MENYIBAK PELUANG BISNIS WISATA DI KOTA BOGOR...
[Update Tgl : 2012-07-26]
Dibaca : 2707 kali.

4
CARA MELIHAT NUPTK ONLINE...
[Update Tgl : 2012-07-25]
Dibaca : 1857 kali.

5
SIMULASI ATAU LATIHAN UJI KOMPETENSI GURU (UKG)...
[Update Tgl : 2012-07-11]
Dibaca : 4682 kali.

6
TIPS RAHASIA PINTAR MATEMATIKA...
[Update Tgl : 2012-06-26]
Dibaca : 1619 kali.

7
AGAR PINTAR BAHASA INGGRIS...
[Update Tgl : 2012-06-26]
Dibaca : 1961 kali.

8
DOA SEBELUM DAN SESUDAH BELAJAR...
[Update Tgl : 2012-06-26]
Dibaca : 1512 kali.


SLIDE FOTO ::
juarafutsal2012.JPG ESKUL JAPANESES CLUB SMK TD2 BOGOR.JPG Praktek Pemasaran.JPG Praktek Jurusan Sekretaris.jpg lapangan olahraga.JPG KARATE SMK TD2.jpg gedungtd2.jpg juara_web_itsoftware.jpg JUARA 3 LOMBA LKS  IT SOFTWARE TINGKAT KOTA BOGOR TAHUN 2014 SMK TRI DHARMA 2 BOGOR.jpg Praktek AP.JPG praktek komputer ap.JPG Praktek RPL.JPG JUARA 2 LKS ANIMASI SE-KOTA BOGOR TAHUN 2013.jpg ESKUL ENGLIS CLUB SMK TD2 BOGOR.JPG perpustakaan.JPG JUARA 3 LOMBA KARATE KELAS 45 KG  TINGKAT KOTA BOGOR TAHUN 2014 SMK TRI DHARMA 2 BOGOR.jpg Praktek Komputer Akuntansi.JPG OSIS SMK TD 2.jpg lab mm.JPG JUARA 3 LOMBA LKS MATEMATIKA NON TEKNIK TINGKAT KOTA BOGOR TAHUN 2014 SMK TRI DHARMA 2 BOGOR.jpg ESKUL MULTIMEDIACLUB SMK TD2 BOGOR.JPG BROSUR PSB TD2 2019.jpg . juara LKS 2012 SMK TRI DHARMA 2 BOGOR.jpg ESKUL ROHIS SMK TD2 BOGOR.JPG JUARA 3 LKS ANIMASI PROV-JABAR 2013 SMK TRI DHARMA 2 BOGOR.jpg Praktek Multimedia.JPG perpisahan SMK Tri Dharma 2 Bogor.jpg Praktek Akuntansi.JPG ESKUL PRAMUKA SMK TD2 BOGOR.JPG juara 2 karate ipb 2012 smk tri dharma 2.JPG juara_itsoftware.JPG lab ap 2.JPG JUARA I FUTSALL REKTOR PAKUAN BOGOR TAHUN 2013 SMK TRI DHARMA 2 BOGOR.jpg EKSTRAKUTIKULER MULTIMEDIA CLUB SMK TD2.jpg ESKUL ADMINISTRASI PERKANTORAN CLUB SMK TD2 BOGOR.JPG JUARA 3 LKS  PEMAASARAN KOTA BOGOR TAHUN 2013.jpg ESKUL BANDUNG KARATE CLUB SMK TD2 BOGOR.JPG juara_dkv_design_graf.jpg juara 1 pakuan 2013.jpg lab pm.JPG juara_fotography.JPG lab bahasa.JPG juara_futsall.JPG ESKUL PASKIBRA SMK TD2 BOGOR.JPG ESKUL PMR SMK TD2 BOGOR.JPG TIPE-X KONSER DI PENGLEPASAN KLS-XII 2013.jpg JUARA 3 LOMBA LKS DESIGN KOMUNIKASI TINGKAT KOTA BOGOR TAHUN 2014 SMK TRI DHARMA 2 BOGOR.jpg musholla.JPG juara_webdesign.JPG Praktek Komputer 2.jpg JUARA FAVORIT 1  LOMBA PHOTOGRAPHY OPEN SE JABODETABEK  TAHUN 2014 SMK TRI DHARMA 2 BOGOR.jpg LAB KOMPUTER AP.JPG Praktek Komputer MM RPL.jpg fadel.jpg Gedung Lantai-1.jpg .. ESKUL FUTSAL SMK TD2 BOGOR.JPG lab ap.JPG Ada Band Penglepasan SMK TD2 2016.jpg gedung dalam1.JPG agung juara fotography universitas Pakuan SMK Tri Dharma 2 Bogor Tahun 2013.jpg kelas.jpg juara_lombaketangkasan.JPG ADM PERKANTORAN CLUB (APC).JPG Juara_animasi.jpg Praktek Komputer.jpg AnimasiJuara2animasi(mordekhai).jpg ESKUL MARAWIS SMK TD2 BOGOR.JPG ESKUL BASKET SMK TD2 BOGOR.JPG
GALLERY ::

Gallery Foto
 
Gallery Video
PENGUNJUNG ::
   Online : 1 User
   Hari Ini : 43
   Total : 2,081,591
VIDEO PROFILE ::

Copyright © 2009. www.smktridharma2.sch.id (Dhiens) Website engine's code is copyright © 2009
Best viewed in Mozilla Firefox 1024 x 768 resolution

WEBSITE RESMI SMK TRI DHARMA 2 BOGOR